Jaipong

Diposting oleh RDJ on 17 Desember, 2010

Ribuan Penari Jaipong Akan Pecahkan Rekor Muri

Ribuan Penari Jaipong Akan Pecahkan Rekor Muri

Karawang (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berencana masuk Museum Rekor Indonesia (Muri) melalui kegiatan tari jaipong yang diikuti 5.000-6.000 penari pada 26 Desember 2010.

"Rencana memecahkan rekor itu kami lakukan dengan mengandalkan peserta (penari jaipong) terbanyak," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang, Acep Jamhuri, kepada ANTARA, di Karawang, Kamis.

Dikatakannya, peserta pementasan tari jaipong tersebut diandalkan dari peserta penari jaipong lokal Karawang, diramaikan dengan partisipasi penari lainnya dari luar Karawang, seperti dari Subang, Purwakarta, Bandung, dan lain-lain.

Para peserta pementasan tari jaipong yang akan mengikuti kegiatan tersebut, kata Acep, berusia minimal 12 tahun atau berstatus siswa kelas VI SD. Sedangkan usia maksimalnya tidak dibatasi.

"Saat ini, pihak panitia sudah melakukan berbagai persiapan agar rencana pemecahan MURI nanti bisa berjalan lancar. Termasuk di antaranya melakukan koordinasi ke berbagai pihak," katanya.

Lokasi yang dipilih dalam kegiatan itu ialah di jalan raya Ahmad Yani sepanjang sekitar 500 meter. Dengan demikian, akan ada penutupan jalan raya selama kegiatan itu berlangsung.

Menurut dia, kegiatan tari jaipong yang akan memecahkan MURI itu digelar sebagai upaya Pemkab Karawang dalam memunculkan kembali seni dan budaya asli Karawang. Sebab, tari jaipong pada awalnya muncul dari Karawang.

"Semoga kegiatan tari jaipong yang direncanakan memecahkan MURI nanti bisa menimbulkan kebanggan tersendiri bagi warga Karawang," kata Acep.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
wah bagus tuh jika memang jaipong masuk maka dedikasi pencetus asal dareah dengan jaipong ini pasti melambung yach

Posting Komentar

Pengikut

eXTReMe Tracker